Skip to main content

#kepemudaan Analisis SWOT 7 Pilar Karakter dan Kepemimpinan pada Pemuda Regional


Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) 7 Pilar Karakter dan Kepemimpinan pada Pemuda Regional
Dibuat Oleh : Rahmadilla Nuratikah (Banjarbaru)
            Kota Banjarbaru adalah salah satu kota yang terdapat di Kalimantan Selatan. Berdiri pada tanggal 20 April 1999 berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 dan memiliki luas wilayah 371,30 km² (37.130 ha). Kota Banjarbaru memiliki motto yaitu Gawi Sabarataan yang artinya Bekerja Semua dan Semboyan sebagai Kota Idaman. Memerlukan waktu sekitar 1 jam dari Banjarmasin ibukota Kalimantan Selatan. Berdasarkan informasi dari Badan Pusat Statistik Kota Banjarbaru memiliki 410.225 jiwa (2013) terbagi kedalam 5 kecamatan. Suku banjar merupakan suku yang paling banyak berada di Kota Banjarbaru disusul suku jawa dan suku sunda.
Menurut UU RI No. 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Kondisi bangsa Indonesia sekarang diperlukan pemuda yang berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan agar dapat berungguh-sungguh memberikan kontribusi kepada bangsa. Pemuda yang terdapat di kota Banjarbaru memiliki potensi, minat, dan bakat yang beragam, dapat dilihat dari aktifnya berbagai macam kegiatan kepemudaan maupun organisasi yang berhubungan dengan kepemudaan di Banjarbaru. Serta terbukanya peran pemerintah dalam mewadahi kegiatan kepemudaan yang ada, seperti dukungan terhadap pelaksanaan Kirab Pemuda pada tahun 2017 lalu, penerimaan audiensi oleh organisasi kepemudaan, dan sebagainya.
Analisis SWOT adalah sebuah teori yang digunakan untuk merencanakan sesuatu hal yang dilakukan dengan SWOT. SWOT adalah sebuah singkatan dari, S adalah Strengths atau Kekuatan, W adalah Weakness atau Kelemahan, O adalah Opportunity atau Kesempatan, dan T adalah Threat atau Ancaman. SWOT ini biasa digunakan untuk menganalisis suatu kondisi. Harapannya dengan pembuatan analisis SWOT ini dapat menjelaskan kondisi kepemudaan di Kota Banjarbaru berdasarkan 7 Pilar Karakter dan 7 Pilar Kepemimpinan. 7 Pilar Karakter yaitu Cinta Kasih, Integritas, Kebersahajaan, Totalitas, Solidaritas, Keadilan dan Keteladanan. Sedangkan 7 Pilar Kepemimpinan yaitu Mengenal Diri, Komunikasi, Akhlak, Kekuatan Belajar, Pengambilan Keputusan, Manajerial, dan Penorganisasian. Berikut merupakan pemaparan dari analisis SWOT tersebut :
Analisis Strengths (Kekuatan)
            Pemuda Banjarbaru sangat beragam dan tersedia berbagai wadah untuk mengembangkan minat dan potensi. Selain penduduk asli Kota Banjabaru, pemuda kota Banjarbaru juga diwarnai dengan para pendatang seperti mahasiswa-mahasiswi yang menempuh perkuliahan di Kota Banjarbaru, dan tidak jarang mereka juga turut serta mengambil andil dalam kegiatan kepemudaan. Untuk pilar karakter terdapat cinta kasih pemuda terhadap kemajuan kota Banjarbaru seperti turut sertanya pemuda dalam kegiatan pengembangan potensi seperti ajang pemilihan Duta Wisata, acara yang dibuat atau didukung pemerintah seperti Book Fair, Ulang Tahun Banjarbaru, bahkan acara seperti Jakcloth selalu ramai dikunjungi. Terdapat pula Cafe atau tempat berkumpul yang dikhususkan untuk tempat berdiskusi. Pemuda Banjarbaru memiliki solidaritas tinggi dalam mencapai tujuan bersama-sama. Dapat dilihat dari kegiatan orasi di ruang publik dan audiensi kepada pihak pemerintah dengan bekerja samanya para organisasi kepemudaan untuk mencapai tujuan. Seperti beberapa waktu yang lalu orasi dan audiensi mengenai pembukaan lahan tambang di Kalimantan Selatan yang menuai banyak protes, Organisasi Kepemudaan bersatu, bekerja sama, dan membagi tugas  untuk orasi di ruang publik dan audiensi kepada pihak pemerintah. Hal tersebut  juga digambarkan sebagai pemuda yang totalitas untuk mewujudkan sesuatu. Sedangkan pada pilar kepemimpinan hal ini dapat menjadi kekuatan pada bagian komunikasi dan pengorganisasian.
Analisis Weaknesses (Kelemahan)
            Masih banyak berita dan informasi mengenai permasalahan di Kota Banjarbaru yang dilakukan oleh pemuda. Permasalahan tersebut seperti pengangguran, pelecehan seksual, kehilangan barang-barang berharga, penipuan, etika bersosial media, pergaulan bebas yang berakibat pada seks bebas dan  obat-obatan terlarang. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pengawasan orang tua atau masyarakat sekitar dan minimnya pengetahuan akan hal yang memiliki dampak buruk. Gaya hidup beberapa pemuda di Kota Banjarbaru bisa dikatakan konsumtif seperti terus meningkatnya pemuda mengunjungi pusat perbelanjaan. Dari seluruh populasi yang disebut pemuda pada Kota Banjarbaru, pemuda yang tidak aktif pada kegiatan kepemudaan, pengembangan diri dan hal-hal  bermanfaat lainnya masih dikatakan cukup banyak. Terlihat dari pemuda yang banyak meluangkan waktunya untuk nongkrong maupun keaktifan mahasiswa di kampusnya. Pemaparan tersebut merupakan kelemahan pada pilar karakter yaitu integritas dan kebersahajaan. Sedangkan pada pilar kepemimpinaan yaitu komunikasi, mengenal diri dan akhlak.
Analisis Opportunities (Kesempatan)
            Keberagaman pemuda Banjarbaru dan para pendatang yang turut mewarnai kegiatan kepemudaan merupakan potensi bagi pemuda Banjarbaru untuk mengoptimalkan diri dan saling melengkapi satu sama lain. Peran pemerintah kota yang terbuka dan turut mewadahi serta memfasilitasi kegiatan kepemudaan merupakan kesempatan untuk memaksimalkan peran pemudaan. Pemaparan tersebut dapat meningkatkan kesempatan pada seluruh pilar karakter dan pilar kepemimpinan.
Analisis Threats (Ancaman)
            Permasalahan di Kota Banjarbaru yang dilakukan oleh pemuda jika tidak segera diatasi tentu akan menjadi ancaman bagi Kota Banjarbaru. Saat ini beberapa pihak masih kurang kesadarannya untuk mensosialisasikan bagaimana peran pemuda yang baik dan diharapkan. Hal tersebut dapat menjadi ancaman bagi pilar karakter dan pilar kepemimpinan meskipun sebelumnya merupakan kekuatan.

Comments

Popular posts from this blog

libur sekolah anak luar negeri yang lamaaa banget

Ini adalah hari libur anak sekolahan yg ada di luar negeri sana. liburan nya ada banyak, gak cuma sehari dua hari doang  libur nya lama banget, enak ya. Yuk liat ada liburan apa aja yahh ?? Thanksgiving Day Liburan ini adanya di akhir November.Biasanya perayaan Thanksgiving ini ssatu minggu. Christmas/ Holiday break Liburan yang ini nih mirip sama di Indonesia, tapi kalo disana, liburnya dari hari Sabtu ketiga di bulan Desember sampaaai Setelah tahun baru, atau pas hari senin pertama di tahun baru. yaa sekitar 2 minggu lahh. Easter Break Kalo di Indonesia, namanya Paskah. Jadi kira-kira liburannya 2 minggu di bulan Maret atau April. Easter Break juga bisa disebut Spring Break. Karena dibulan itu disana lagi musim semi. Summer Break! Untuk liburan yang ini ga tanggung-tanggung selama 3 bulan, sekali lagi yah 3 BULAN. Lamaaa bangett. Bisa sekitar bulan Mei-Juli, atau dari bulan Juni-Agustus Snow Days Nah, selain liburan tadi, masih ada lagi loh.. Namanya Snow Days!

#Psikologi: Self Fulfilling Prophecy

Temen-temen pernah gak ? ketika baru aja keluar dari rumah mengalami hal yang tidak menyenangkan. Kemudian kita meyakini bahwa itu adalah awal yang buruk dan akan menjadi hari yang buruk sepanjang hari. Trus ngejudge hari itu akan jadi bad day buat kamu. Kemudian ternyata benar, kamu telat datang kekampus, lupa membawa notebook atau modul, bermasalah dengan dosen, urusan organisasi berantakan dan hal buruk lainnya. Biasanya diakhir hari cuma bisa menangis dan mengeluh kelelahan mental. Hal ini bisa saja kita sedang mengalami sesuatu yang disebut a self-fulfilling prophecy. Dengan kata lain, harapan tentang suatu subyek baik berupa prediksi positif maupun negatif, seperti terhadap seseorang atau peristiwa, dapat memengaruhi perilaku kita terhadap subyek itu, yang menyebabkan harapan tersebut dapat direalisasikan 'Apa yang Kamu pikirkan, rasakan, dan inginkan, itulah yang akan Kamu peroleh'. Istilah ini berasal dari seorang sosiolog di pertengahan abad ke-20 bernama Rober

Taylor Swift dan Taylor Lautner

Udah pernah dengar lagu Back To December nya Taylor swift ?? Lagu ini dibuat khusus Swift untuk Taylor Lautner. Mau tau cerita nya lebih lanjut dan mendalam ?? #siletedition Chek It Out !! Taylor lumayan sering pacaran, tapi Taylor tidak suka kalau di panggil playgirl. Taylor Lautner Lahir tanggal 11 Februari 1992. Dan Taylor Lautner adalah pemeran Jacob Black manusia serigala di serial Twilight katanya, swift itu masih sayang sama lautner walaupun mereka udah putus satu tahun yang lalu. Dan swift selalu menjawab lautner adalah pria idamannya setiap ditanya media. Taylor Swift mutusin Taylor Lautner lewat telpon Lautner & Swift waktu pacaran sering bertengkar menentukan kemana mereka akan pergi makan ketika berkencan, itu juga termasuk penyebab kenapa mereka putus . Dan mungkin penyebab yang lain adalah Taylor Lautner termasuk orang yang sangat mudah terkena Cinta Lokasi. Dan Selena Gomez adalah sahabat dekat Swift yang juga mantan pacarnya Taylor Lautner. Katanya,