Skip to main content

Prokrastinasi dan Mahasiswa


              Mahasiswa selain mengikuti perkuliahan secara langsung tentu saja juga dituntut dengan tugas untuk memenuhi perkuliahannya. Skripsi pun bisa disebut tugas utama sebagai syarat mahasiswa untuk menyelesaikan perkuliahannya. Tugas pun menjadi salah satu bobot penting dalam memberikan nilai akhir  bagi mahasiswa. Tidak hanya tugas individu terdapat juga tugas kelompok yang memerlukan kerjasama dalam pengerjaannya. Akan tetapi tidak sedikit mahasiswa yang menunda pengerjaan tugas dengan berbagai alasan.  Seperti sibuk organisasi, sibuk kuliah sambil bekerja, tugas yang terlalu banyak dari matakuliah yang berbeda-beda, dan berbagai alasan lainnya. 
Meskipun kita tahu menunda mengerjakan tugas adalah masalah. Dan kebiasaan ini biasa disebut prokrastinasi.
Prokrastinasi berasal dari bahasa latin yaitu “pro” yang berarti “maju”, ke depan, lebih menyukai dan “crastinus” yang berarti “besok” (Steel, 2006). Jadi dari asal katanya prokrastinasi adalah lebih suka melakukan tugasnya besok. Orang yang melakukan prokrastinasi disebut sebagai prokrastinator. Prokrastinasi adalah menunda dengan sengaja kegiatan yang diinginkan walaupun mengetahui bahwa penundaannya dapat menghasilkan dampak buruk. Ini biasanya didefinisikan sebagai sifat atau disposisi perilaku untuk ditunda, menunda, dan dengan menghindari melakukan tugas atau membuat keputusan.
Menurut Knaus (2010) menyatakan bahwa prokrastinasi adalah kebiasaan menunda sebuah kegiatan yang penting dan tepat waktu sampai tertunda dilain waktu. Kondisi dimana seseorang harus segera menyelesaikan tugas atau pekerjaan, namun mengganti kegiatannya dengan sesuatu yang kurang relevan dan disertai dengan pemikiran akan mengerjakan tugas ketika seseorang tersebut telah merasa siap.
Apakah prokrastinasi itu menunda atau menghindar ? 
Pernahkah kita menunda saat ingin main game favorite atau sekedar stalking timeline Instagram ? jarang kan. Akan tetapi kita menunda untuk memulai mengerjakan tugas atau membersihkan kamar ? dan mungkin kamu lebih memilih untuk main handphone padahal hanya sekedar stalking timeline dan tidak ada chat yang masuk, sedangkan tugas sedang menunggu untuk diikerjakan.
 Prokrastinasi bukan hanya menunda akan tetapi menghindar dari hal atau kewajiban yang seharusnya kita lakukan dan menggantinya dengan kegiatan yang kita sukai.

Terdapat empat jenis prokrastinasi yaitu

  • Prokrastinasi akademik yaitu menunda tugas akademik hingga menit terakhir. Prokrastinasi akademik merupakan jenis penundaan kegiatan yang formal dan berhubungan dengan pendidikan seperti tugas sekolah maupun tugas kuliah.
  •  Prokrastinasi dalam rutinitas hidup didefinisikan sebagai sulit dalam penjadwalan ketika melakukan banyak rutinitas yang berulang dan melakukannya sesuai jadwal;
  • Prokrastinasi membuat keputusan, yang didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk membuat keputusan tepat waktu dalam hal-hal kecil dan utama;
  • Prokrastinasi kompulsif yang didefinisikan sebagai prokrastinasi membuat keputusan dan tprokrastinasi tugas pada orang yang sama.
Menurut Ferrari, Johnson, & McCown (1995), sebagai suatu perilaku penundaan, prokrastinasi akademik dapat termanifestasikan dalam indikator tertentu dan diamati melalui ciri-ciri tertentu 

  • Penundaan untuk memulai menyelesaikan tugas yang dihadapi
  • Keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, karena melakukan hal-hal lain yang tidak dibutuhkan.
  • Kesenjangan waktu antara rencana yang ditetapkan dan kinerja aktual.
  • Melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada tugas yang harus dikerjakan (seperti ngobrol, nonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dll)
Ciri-ciri diatas disadari ataupun tidak menjadi alasan kita untuk menunda-nunda pekerjaan. Prokrastinasi tentu memberikan dampak buruk bagi diri kita sendiri, yaitu dampak eksternal dan internal. Dampak eksternal adalah tidak mampunya kita mengerjakan tugas dengan baik sehingga mendapatkan teguran atau nilai yang tidak baik dari dosen. Belum lagi jika itu merupakan tugas kelompok yang harus dikerjakan bersama-sama, akan membuat teman yang lain kesulitas dalam menyelasaikannya. Sedangkan dampak internalnya adalah munculnya perasaan bersalah atau perasaan menyesal yang juga akan menjadi beban pikiran.
Prokrastinasi benar-benar sangat sering kita alami disadari ataupun tidak.berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan mengatasi prokrastinasi adalah
  • Telaah sikap diri terhadap tugas. Pahami bahwa kita harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas, dan akibatnya jika kita tiidak menyelesaikan tugas.
  • Mulailah dari sekarang. Jangan tunda-tunda pekerjaan. Kita juga harus menyusun daftar perioritas tugas, apa yang harus segera dikerjakan, dan tugas besar apa yang memerlukan waktu yang panjang.
  • Hindari perasaan terbeban (overwhelmed). Kita harus berfikir positif bahwa tugas yang kita kerjakan itu mudah. Tugas yang berat bisa dikerjakan jauh-jauh waktu atau dibagi menjadi bagian-bagian kecil.
  • Hindarkan Diri dari ‘perfectionism’. Jangan berharap menyelesaikan tugas dengan sempurna. Kerjakan tugas dengan usaha yang terbaik atau meminta pendapat kepada orang lain sebagai masukan untuk tugas kita.
  • Segera kerjakan dan tetap kerjakan. Jika sulit cicil sedikit demi sedikit
  • Monitoring kemajuan. Kita perlu mengukur sudah sejauh mana perkembangan kita. Jika belum ada kemajuan, kita harus melakukan tindakan lain.
  •  Self Reward jika tugas telah diselesaikan. Seperti istirahat, menonton TV, makan, atau hal lain yang menyenangkan. Sehingga kita memiliki motivasi untuk mengerjakan tugas lagi.
  • Terus menjaga respek terhadap diri sendiri. Bahwa kita harus bertanggung jawab dengan tugas dan melihat masa lalu akibat dari menunda tugas. Dengan demikian kita bisa terhindar dari prokrastinasi dan bisa menjalani hidup lebih bertanggung jawab dan berdaya guna.     

      
Sebuah tulisan tentang prokrastinasi dari seorang prokrastinator
Tulisan yang dibuat untuk menghindari mengerjakan revisi skripsi

Source :
Knaus, W. J. (2010). End procrastination now!: Get it done with a proven psychological approach. McGraw-Hill.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L & McCown, W. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. New York: Plenum Press
Gunarya, A. (2011). Teknik Menangani Prokrastinasi. Modul:Basic Study Skill. Makassar: Univeristas Hasanuddin.

Comments

Popular posts from this blog

#Psikologi: Self Fulfilling Prophecy

Temen-temen pernah gak ? ketika baru aja keluar dari rumah mengalami hal yang tidak menyenangkan. Kemudian kita meyakini bahwa itu adalah awal yang buruk dan akan menjadi hari yang buruk sepanjang hari. Trus ngejudge hari itu akan jadi bad day buat kamu. Kemudian ternyata benar, kamu telat datang kekampus, lupa membawa notebook atau modul, bermasalah dengan dosen, urusan organisasi berantakan dan hal buruk lainnya. Biasanya diakhir hari cuma bisa menangis dan mengeluh kelelahan mental. Hal ini bisa saja kita sedang mengalami sesuatu yang disebut a self-fulfilling prophecy. Dengan kata lain, harapan tentang suatu subyek baik berupa prediksi positif maupun negatif, seperti terhadap seseorang atau peristiwa, dapat memengaruhi perilaku kita terhadap subyek itu, yang menyebabkan harapan tersebut dapat direalisasikan 'Apa yang Kamu pikirkan, rasakan, dan inginkan, itulah yang akan Kamu peroleh'. Istilah ini berasal dari seorang sosiolog di pertengahan abad ke-20 bernama Rober

Taylor Swift dan Taylor Lautner

Udah pernah dengar lagu Back To December nya Taylor swift ?? Lagu ini dibuat khusus Swift untuk Taylor Lautner. Mau tau cerita nya lebih lanjut dan mendalam ?? #siletedition Chek It Out !! Taylor lumayan sering pacaran, tapi Taylor tidak suka kalau di panggil playgirl. Taylor Lautner Lahir tanggal 11 Februari 1992. Dan Taylor Lautner adalah pemeran Jacob Black manusia serigala di serial Twilight katanya, swift itu masih sayang sama lautner walaupun mereka udah putus satu tahun yang lalu. Dan swift selalu menjawab lautner adalah pria idamannya setiap ditanya media. Taylor Swift mutusin Taylor Lautner lewat telpon Lautner & Swift waktu pacaran sering bertengkar menentukan kemana mereka akan pergi makan ketika berkencan, itu juga termasuk penyebab kenapa mereka putus . Dan mungkin penyebab yang lain adalah Taylor Lautner termasuk orang yang sangat mudah terkena Cinta Lokasi. Dan Selena Gomez adalah sahabat dekat Swift yang juga mantan pacarnya Taylor Lautner. Katanya,

libur sekolah anak luar negeri yang lamaaa banget

Ini adalah hari libur anak sekolahan yg ada di luar negeri sana. liburan nya ada banyak, gak cuma sehari dua hari doang  libur nya lama banget, enak ya. Yuk liat ada liburan apa aja yahh ?? Thanksgiving Day Liburan ini adanya di akhir November.Biasanya perayaan Thanksgiving ini ssatu minggu. Christmas/ Holiday break Liburan yang ini nih mirip sama di Indonesia, tapi kalo disana, liburnya dari hari Sabtu ketiga di bulan Desember sampaaai Setelah tahun baru, atau pas hari senin pertama di tahun baru. yaa sekitar 2 minggu lahh. Easter Break Kalo di Indonesia, namanya Paskah. Jadi kira-kira liburannya 2 minggu di bulan Maret atau April. Easter Break juga bisa disebut Spring Break. Karena dibulan itu disana lagi musim semi. Summer Break! Untuk liburan yang ini ga tanggung-tanggung selama 3 bulan, sekali lagi yah 3 BULAN. Lamaaa bangett. Bisa sekitar bulan Mei-Juli, atau dari bulan Juni-Agustus Snow Days Nah, selain liburan tadi, masih ada lagi loh.. Namanya Snow Days!