Skip to main content

#Psikologi : Bystander Effect



Kenapa jadi tiba-tiba pengen bahas ini yak ehehe. karna kejadian beberapa waktu yang lalu bikin aku kzl bgt ! Waktu itu aku jatuh dari motor sendirian, jalanan licin habis ujan, ngantuk sampe merem-melek, lah pas melek ada mobil didepan, rem kanan-kiri, langsung jatoh :( sakit gaes sampe kaki gak bisa gerak. kondisi jalan rame dan jalan raya besar. 
Tapi yang lebih sakit adalah.... jeng jeng jeng "gak ada yang langsung nolongin"  aku sempet terdiam beberapa saat dan mencoba berdiri sendiri buat angkat motor, karena gak kuat aku jatuh lagi, dan baru ada orang dari pinggir jalan yang mendekat buat bantu. Lumayan susah buat kearah aku karna jalan raya besar dan kendaraan juga rame. 
Ada laginih yang lebih sakit, mobil dibelakang klakson-klakson :(
pas aku digendong orang kesamping ku sempat liat mobil yang dibelakang itu ada dua orang yang duduk didepan, ya kalo mau cepet satu orang turun bantuin kek :')
MAAP YAA... entah baperan, perasaan halus, atau emang akunya aja lebay. hari itu ku ngerasa dunia kejam banget yak... emang pada gak punya perasaan napa yang klakson-klakson dibelakang dan lalu lalang 'like a boss' nya padahal dia liat aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi itu :'(

Setelah ku ingat ternyata kejadian yang aku alami itu istilah dalam Psikologi adalah Bystander Effect :(
Istilah ini pertama kali diciptakan oleh Bill Latane dan John Darley pada tahun 1968, pada studi mereka yang terinspirasi oleh kasus Kitty Genovese. Bystander Effect, yakni bahwa kehadiran orang lain pada suatu keadaan darurat mengurangi kemungkinan seseorang memberikan bantuan. Sedangkan Bystander menurut Sarwono  adalah orang-orang yang berada di sekitar tempat kejadian dan mempunyai peran sangat besar dalam memengaruhi seseorang saat memutuskan antara menolong atau tidak ketika dihadapkan pada keadaan darurat. Selain faktor 'ketidakmanusiaan dan apatis', Latane dan Nida menyebutkan tiga proses psikologi sosial yang terjadi saat sesorang bersama dengan orang lain, sehingga menghambatnya dalam memberi pertolongan, yaitu :
  1. Pengaruh sosial (social influence), yaitu pengaruh dari orang lain yang dijadikan sebagai patokan dalam menginterpretasi situasi dan mengambil keputusan untuk menolong, seseorang akan menolong jika orang lain juga menolong;
  2. Hambatan audiens (audience inhibition), yaitu merasa dirinya dinilai oleh orang lain dan risiko membuat malu diri sendiri karena tindakannya menolong yang kurang tepat akan menghambat orang untuk menolong;
  3. Penyebaran tanggung jawab (diffusion of responsibility), membuat tanggung jawab untuk menolong menjadi terbagi karena hadirnya orang lain.
Sebenarnya, kita udah sadar bahwa seseorang sedang membutuhkan pertolongan. Seperti melihat orang yang sedang terkena musibah, kelaparan kecelakaan, dirundung, mengalami kekerasan, dibentak, pelecehan bahkan percobaan pembunuhan. Akan tetapi terkadang kita masih kurang untuk mengambil tindakan dan beinisiatif membantu meskipun hanya sekedar menanyakan apa yang sedang terjadi atau bagaimana keadaannya. Hal ini secara tidak langsung membawa kita menjadi terlibat dalam tindakan membiarkan. Karena dengan bertindak kita dapat menyelamatkan hidup orang lain. Setidaknya nyelamatin diriku yang tertimpa motor ini wkwkwkwkw.

But jangan sampai ya kita cuma kepo doang atau budak sosmed doang, ada kejadian habis kecelakaan parah ikutan menepi nanya-nanya, trus foto-foto. ya Ampun kezel banget w. sementang kecelakaannya lebih wow jadi lebih menarik gitu ya.

skip

intinya

"Percaya dengan diri sendiri bahwa kita sebenarnya bisa bantu orang lain, bahkan lebih dari yang kita bayangkan. Bisa jadi  kita adalah prantara Tuhan untuk bisa diberi kekuatan membantu orang lain. Sekecil apapun itu sangat berarti, sekedar "Mba, ga papa kan?" itu lumayan meredakan sakit hati seseorang"



Fahmi, A. B. (2017). Dari Mengabaikan ke Menolong: Tinjauan Studi Bystander-Effect. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris3(1), 43-52.
Pradipto, Y. D., Prayoga, T., & Pea, A. G. (2016). Relationship between bystander efficacy and decisional balance in case of domestic violence among Jabodetabek teenagers. Procedia-Social and Behavioral Sciences222, 169-176.

Comments

Popular posts from this blog

#Psikologi: Self Fulfilling Prophecy

Temen-temen pernah gak ? ketika baru aja keluar dari rumah mengalami hal yang tidak menyenangkan. Kemudian kita meyakini bahwa itu adalah awal yang buruk dan akan menjadi hari yang buruk sepanjang hari. Trus ngejudge hari itu akan jadi bad day buat kamu. Kemudian ternyata benar, kamu telat datang kekampus, lupa membawa notebook atau modul, bermasalah dengan dosen, urusan organisasi berantakan dan hal buruk lainnya. Biasanya diakhir hari cuma bisa menangis dan mengeluh kelelahan mental. Hal ini bisa saja kita sedang mengalami sesuatu yang disebut a self-fulfilling prophecy. Dengan kata lain, harapan tentang suatu subyek baik berupa prediksi positif maupun negatif, seperti terhadap seseorang atau peristiwa, dapat memengaruhi perilaku kita terhadap subyek itu, yang menyebabkan harapan tersebut dapat direalisasikan 'Apa yang Kamu pikirkan, rasakan, dan inginkan, itulah yang akan Kamu peroleh'. Istilah ini berasal dari seorang sosiolog di pertengahan abad ke-20 bernama Rober

Taylor Swift dan Taylor Lautner

Udah pernah dengar lagu Back To December nya Taylor swift ?? Lagu ini dibuat khusus Swift untuk Taylor Lautner. Mau tau cerita nya lebih lanjut dan mendalam ?? #siletedition Chek It Out !! Taylor lumayan sering pacaran, tapi Taylor tidak suka kalau di panggil playgirl. Taylor Lautner Lahir tanggal 11 Februari 1992. Dan Taylor Lautner adalah pemeran Jacob Black manusia serigala di serial Twilight katanya, swift itu masih sayang sama lautner walaupun mereka udah putus satu tahun yang lalu. Dan swift selalu menjawab lautner adalah pria idamannya setiap ditanya media. Taylor Swift mutusin Taylor Lautner lewat telpon Lautner & Swift waktu pacaran sering bertengkar menentukan kemana mereka akan pergi makan ketika berkencan, itu juga termasuk penyebab kenapa mereka putus . Dan mungkin penyebab yang lain adalah Taylor Lautner termasuk orang yang sangat mudah terkena Cinta Lokasi. Dan Selena Gomez adalah sahabat dekat Swift yang juga mantan pacarnya Taylor Lautner. Katanya,

libur sekolah anak luar negeri yang lamaaa banget

Ini adalah hari libur anak sekolahan yg ada di luar negeri sana. liburan nya ada banyak, gak cuma sehari dua hari doang  libur nya lama banget, enak ya. Yuk liat ada liburan apa aja yahh ?? Thanksgiving Day Liburan ini adanya di akhir November.Biasanya perayaan Thanksgiving ini ssatu minggu. Christmas/ Holiday break Liburan yang ini nih mirip sama di Indonesia, tapi kalo disana, liburnya dari hari Sabtu ketiga di bulan Desember sampaaai Setelah tahun baru, atau pas hari senin pertama di tahun baru. yaa sekitar 2 minggu lahh. Easter Break Kalo di Indonesia, namanya Paskah. Jadi kira-kira liburannya 2 minggu di bulan Maret atau April. Easter Break juga bisa disebut Spring Break. Karena dibulan itu disana lagi musim semi. Summer Break! Untuk liburan yang ini ga tanggung-tanggung selama 3 bulan, sekali lagi yah 3 BULAN. Lamaaa bangett. Bisa sekitar bulan Mei-Juli, atau dari bulan Juni-Agustus Snow Days Nah, selain liburan tadi, masih ada lagi loh.. Namanya Snow Days!